Home » » Penulis Pemula Jangan Ragu Terbitkan Buku

Penulis Pemula Jangan Ragu Terbitkan Buku


Oleh : Andre Rahmat
Hidayatullah.com–Untuk meraih manfaat bulan Ramadhan, hari Sabtu, (19/06/2016) Yayasan Bina Qalam Indonesia menyelenggarakan “Madrasah Kreativitas”.
Dalam acara berlangsung  di Ruang Darussalam Masjid Al-Falah, Surabaya ini Bina Qalam  mengundang Nina sebagai pemateri yang menyampaikan tema ”Semua Bisa Mempublikasihkan Tulisan”.
Pegiat Situs WEB dan komunitas nulisbuku.com ini memaparkan alasan membuat program ini adalah karena melihat perkembangan penerbitan buku di negara Indonesia berada di urutan bawah dibandingkan negara Asia.
Dengan hadirnya situs penulisan, termasuk situs yang dikelolanya,  mampu membuat para penulis dengan mudah mampu menerbitkan bukunya sendiri atau disebut self-publishing.
“Karena melalui situs ini para penulis tidak diribetkan dengan syarat dan durasi yang lama, kalian tinggal share hasil tulisan kalian, kalian promosikan, kami bantu cetakkan, kita diskusi untuk hasil royalty,” terangnya.
Nina berharap para penulis tidak ragu lagi untuk menerbitkan bukunya. Bisa buku tutorial, cerpen, puisi, kajian ilmiah, bahkan skripsi juga bisa dijadikan buku, asalkan pembaca tertarik. Dan hal yangg harus diperhatikan ketika menerbitkan sebuah buku, tentukan tujuan kalian apakah itu untuk popularitas atau royalty.
“Kalau royalti kalian harus sabar dan rajin untk mempromosikan buku kalian, karena tidak semua buku mampu laku dalam waktu dekat atau untuk popularitas, maka kalian harus membuat karakter tulisan kalian, kalian harus mampu menunjukkan kualitas tulisan kalian,” katannya.
Kegiatan bertema “Madrasah Kreatifitas Bersama Bina Qalam Indonesia” ini juga menghadirkan beberapa pengisi materi.  Diantaranya  Zainal Arifin Emkah, Oki Aryono, MD Aminuddin, Eko Prasetyo, Nina, Nindya Nurmaya, Ma’mun Afani, Indra L Supono, Wirawan.
Peserta dari Universitas Wijaya Kusuma, Surabaya, Handika putra merasa dirinnya ingin mencintai dunia tulis-menulis.
“Dengan adanya acara ini, saya semakin tidak ragu untuk menulis dan saya mulai mencintai dunia penulisan” jelas lelaki asal Surabaya ini. */kiriman Andre Rahmat


Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

0 komentar:

Template Information

 
Copyright © 2013. CATATAN AR - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger